partisi kantorPenggunaan partisi kantor demikian populer diberbagai desain interior perkantoran mulai dari perkantoran berukuran dimensi minimalis sampai ratusan meter persegi.

Istilah partisi kantor berasal dari kata Office Partitions. Atau dengan sebutan lain kubikal, cubicle, dikarenakan desainnya kebanyakan berbentuk sekat kotak. Penggunaan partisi kantor bertujuan membagi sebuah ruangan menjadi beberapa ruangan dengan dimensi lebih kecil.

Kenyataannya untuk bekerja di sebuah ruang kantor, menggunakan fasilitas meja kantor dan kursi sudah cukup untuk membuat para staff untuk bekerja di sebuah ruangan bersama-sama. Bahkan partisi kantor yang notabene adalah dinding tambahan mengurangi luas ruangan.

Beberapa alasan kenapa hampir semua perkantoran modern menggunakan partisi kantor adalah:

  • Menyediakan ruang baru di dalam ruangan. Sebuah ruangan terbuka tentunya bukan cara terbaik untuk melakukan pertemuan/meeting.
  • Memberikan batas fisik area kerja bagi setiap staff. Dengan penentuan batas fisik berarti staff memiliki keluasaan untuk menata dan mengatur wilayah kerjanya, mulai dari meletakkan komputer, buku, alat tulis dan sebagainya tanpa khawatir tercampur dengan barang lain di area staff yang berdekatan.
  • Memberikan kenyamanan kerja. Pembatasan dengan dinding memberikan rasa keamanan dan privasi secara psikis yang pada akhirnya staff dapat bekerja tanpa khawatir akan kehilangan miliknya atau merasa diawasi oleh rekan lainnya.
  • Bahan yang digunakan partisi kantor umumnya dapat mengurangi tingkat kebisingan, terutama gema yang cukup mengganggu suasana bekerja.
  • Menggunakan konsep modular yang memudahkan proses instalasi dan knockdown membuat mudah untuk di bongkar pasang mengikuti perubahan dinamika utilitas ruangan.